[ASK] Cat Declawing??

Hallo.... mau nanya langsung ke intinya aja. Menurut para cat lover disini, bagus tidak sih declawing pada kucing??

Jadi saya pernah mampir ke rumah teman saya dan dia punya seekor kucing peliharaan, dan kucing dia sudah di declaw, jujur aja sih saya main sama kucingnya enak dan gak ada terima resiko dapat luka cakar atau sebagainya. Jadi sempat berpikir dan tertarik buat declawing kucing saya.

Tapi setelah saya searching dan baca-baca, kabarnya itu gak bagus, karena gak natural banget buat kucing tidak memiliki cakar. Bahkan ada yang bilang, kalau kucing tidak akan nyaman kalau tidak punya cakar, karena secara naturalnya kucing suka cakar-cakar ( scratch ).

Kalau dari para cat lover berpengalaman disini gimana yah??

Terima kasih :geek:
 

chaedar

Site Owner
Admin
Halo Ongkel @renalkyuuroku,

Duuh, temennya kok tega banget sampai melakukan declaw pada kucingnya..? πŸ˜₯

Klau saya pribadi, jelas gak pernah setuju dengan tindakan declaw pada kucing.
Saya juga gak tau persis sih teman Ongkel melakukannya untuk tujuan apa.
TAPI klau tujuan utamanya hanya biar kucing tidak mencakar-cakar furniture di rumah lagi, Saya rasa itu sudah terlalu egois.

Saya bilang egois karena memang declawing itu sangat menyakiti kucing. OK-lah saat proses declaw mungkin kucing tidak merasakan sakit karena sambil dibius.
Tapi jelas kucing akan sangat tersiksa saat masa penyembuhan. Bahkan kucing sampai diberi obat khusus untuk mengurangi rasa sakit selama proses penyembuhan.
Bahkan pada beberapa kasus, declawing ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada kucing.
Hmmmm,, Saya yakin para Miawholic gak akan tega melakukan hal ini.

Belum lagi kalau kucing sedang maen di jalan, tiba-tiba kucing Ongkel lagi dikejar-kejar "gukguk".
Kucing biasanya akan refleks lari dan memanjat pohon.
Tapi kalau gak punya cakar gimana?
Gak kasian tuh ngeliat kucing jadi mangsa yang gak berdaya sama sekali? πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

Para pecinta kucing saya rasa akan memilih alternatif lain daripada harus melakukan declawing.
Belikan Scratching Post, Onty dan Ongkel masih bisa melatih kucing untuk mencakar Scratching Post.
Onty dan Ongkel juga masih bisa memotong kuku kucing beberapa minggu sekali secara rutin. πŸ˜‰

Pertimbangkan hal ini :
Jika kelak Ongkel punya anak-anak yang aktif, bandel dan suka berantakin barang dirumah, apakah solusinya adalah dengan memasung mereka agar tidak lagi bandel dan berantakin barang-barang lagi?
Mungkin ada yg berpendapat kucing dan anak (manusia) gak bisa dibandingkan. Tetapi percaya gak percaya, kami para pecinta kucing sangat menyayangi kucing bahkan sampai menganggap kucing itu udah seperti anak ataupun sahabat. 😊


*Tambahan:
Declawing sangat tidak dianjurkan oelh para breeder dan pecinta kucing. Bahkan CFA (Cat Fanciers' Association) melarang untuk melakukan declawing.
TETAPI jika ada alasan kuat untuk melakukan declawing, itu mungkin bisa menjadi hal yang bisa dipertimbangkan.
 

sally.bat

Kitten
Waaaah.. aku sih kadang sesekali kepikiran buat potong kuku si elizabeth dkk (stray cat) biar bisa kumandiin 🀣 tapi gajadi. Gajadi potongin kuku nya. Dan gajadi juga mandiin 🀣
Soalnya. Untungnya cuma sesaat: gak kena cakar saat mereka dimandiin. Tapi kerugiannya bisa lamaaaa. Mereka gabisa pertahanin diri. Belum lagi kalo trauma. Jadi gak mau main sama kita lagi 😭 kan sedih kalo gitu.. kan kan kan kan kan... 😭
Lagian kucing kalo udah sayang mah bisa nakar kok, mana cakar2 manja, mana cakaran yg ngegasss.. alhamdulillah sampe skrg aku blm pernah berdarah dicakar elizabeth dkk, sama sekali gak sampe luka. Wkwkwkwkwk.
Kalo untuk menghindari kenakalan nya di barang2 kita, yaa sediain aja tempat cakaran yg bagus dan menarik menurut kucing masing2. Elizabeth dkk dulu seneng garuk2 jok motor 😭. Trus adekku omelin dia sambil "ajarin" cakar pohon. "Gini loooh kalo mau cakar2 yg ini ajaaaaa.." 🀣 kalo aku sih, sodorin mereka sendal jepit, kan sama tuh karet, enak dicakar. 🀣 entah kenapa mereka ngerti.. dan jadinya kalo cakar2 ke pohon ato ke sendaaalll 🀣

*Edit. Eh declaw sama potong kuku ternyata beda yaaaa πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ πŸ™ mohon maklum, saia amatiran. Hehehe
Tapi berarti pendapat saya semakin anti declaw. Potongin kuku aja mikir2. Apalagi declaw.. big nooooooo... πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡
*Edit lagi*. Kebetulan banget hari ini aku habis nemanin adekku ke rs utk prosedur cabut kuku krn cedera. Cuma satu kuku jari. Tapi aku gak tega liatnya eh. Sakit loh itu. Gak kebayang gimana sakitnya si kucing kalo semua kukunya ditiadakan. Pasti. Sakit. Banget. Plus. Sakit hati. Banget... Astagah. Meskipun dibius. Tapi bgitu biusnya habis, itu cenut2 banget loh rasanya. kebayang gak. Serempak semua jari cenut2. Gimana rasanya. Ada yg mau coba?
 
Last edited:
Halo Ongkel @renalkyuuroku,

Duuh, temennya kok tega banget sampai melakukan declaw pada kucingnya..? πŸ˜₯

Klau saya pribadi, jelas gak pernah setuju dengan tindakan declaw pada kucing.
Saya juga gak tau persis sih teman Ongkel melakukannya untuk tujuan apa.
TAPI klau tujuan utamanya hanya biar kucing tidak mencakar-cakar furniture di rumah lagi, Saya rasa itu sudah terlalu egois.

Saya bilang egois karena memang declawing itu sangat menyakiti kucing. OK-lah saat proses declaw mungkin kucing tidak merasakan sakit karena sambil dibius.
Tapi jelas kucing akan sangat tersiksa saat masa penyembuhan. Bahkan kucing sampai diberi obat khusus untuk mengurangi rasa sakit selama proses penyembuhan.
Bahkan pada beberapa kasus, declawing ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada kucing.
Hmmmm,, Saya yakin para Miawholic gak akan tega melakukan hal ini.

Belum lagi kalau kucing sedang maen di jalan, tiba-tiba kucing Ongkel lagi dikejar-kejar "gukguk".
Kucing biasanya akan refleks lari dan memanjat pohon.
Tapi kalau gak punya cakar gimana?
Gak kasian tuh ngeliat kucing jadi mangsa yang gak berdaya sama sekali? πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

Para pecinta kucing saya rasa akan memilih alternatif lain daripada harus melakukan declawing.
Belikan Scratching Post, Onty dan Ongkel masih bisa melatih kucing untuk mencakar Scratching Post.
Onty dan Ongkel juga masih bisa memotong kuku kucing beberapa minggu sekali secara rutin. πŸ˜‰

Pertimbangkan hal ini :
Jika kelak Ongkel punya anak-anak yang aktif, bandel dan suka berantakin barang dirumah, apakah solusinya adalah dengan memasung mereka agar tidak lagi bandel dan berantakin barang-barang lagi?
Mungkin ada yg berpendapat kucing dan anak (manusia) gak bisa dibandingkan. Tetapi percaya gak percaya, kami para pecinta kucing sangat menyayangi kucing bahkan sampai menganggap kucing itu udah seperti anak ataupun sahabat. 😊


*Tambahan:
Declawing sangat tidak dianjurkan oelh para breeder dan pecinta kucing. Bahkan CFA (Cat Fanciers' Association) melarang untuk melakukan declawing.
TETAPI jika ada alasan kuat untuk melakukan declawing, itu mungkin bisa menjadi hal yang bisa dipertimbangkan.
Wahhhhhh thank youuu ongkelll @chaedar ternyata benar, sebagian besar memang tidak setujuuu yahh.... lagi pula saya juga bertanya-tanya karena kodrat kucing aslinya itu bercakar, sama kayak nenek moyangnya.... masa keturunannya gk bercakar sih hehehhe :ROFLMAO::ROFLMAO:

Waaaah.. aku sih kadang sesekali kepikiran buat potong kuku si elizabeth dkk (stray cat) biar bisa kumandiin 🀣 tapi gajadi. Gajadi potongin kuku nya. Dan gajadi juga mandiin 🀣
Soalnya. Untungnya cuma sesaat: gak kena cakar saat mereka dimandiin. Tapi kerugiannya bisa lamaaaa. Mereka gabisa pertahanin diri. Belum lagi kalo trauma. Jadi gak mau main sama kita lagi 😭 kan sedih kalo gitu.. kan kan kan kan kan... 😭
Lagian kucing kalo udah sayang mah bisa nakar kok, mana cakar2 manja, mana cakaran yg ngegasss.. alhamdulillah sampe skrg aku blm pernah berdarah dicakar elizabeth dkk, sama sekali gak sampe luka. Wkwkwkwkwk.
Kalo untuk menghindari kenakalan nya di barang2 kita, yaa sediain aja tempat cakaran yg bagus dan menarik menurut kucing masing2. Elizabeth dkk dulu seneng garuk2 jok motor 😭. Trus adekku omelin dia sambil "ajarin" cakar pohon. "Gini loooh kalo mau cakar2 yg ini ajaaaaa.." 🀣 kalo aku sih, sodorin mereka sendal jepit, kan sama tuh karet, enak dicakar. 🀣 entah kenapa mereka ngerti.. dan jadinya kalo cakar2 ke pohon ato ke sendaaalll 🀣

*Edit. Eh declaw sama potong kuku ternyata beda yaaaa πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ πŸ™ mohon maklum, saia amatiran. Hehehe
Tapi berarti pendapat saya semakin anti declaw. Potongin kuku aja mikir2. Apalagi declaw.. big nooooooo... πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡
*Edit lagi*. Kebetulan banget hari ini aku habis nemanin adekku ke rs utk prosedur cabut kuku krn cedera. Cuma satu kuku jari. Tapi aku gak tega liatnya eh. Sakit loh itu. Gak kebayang gimana sakitnya si kucing kalo semua kukunya ditiadakan. Pasti. Sakit. Banget. Plus. Sakit hati. Banget... Astagah. Meskipun dibius. Tapi bgitu biusnya habis, itu cenut2 banget loh rasanya. kebayang gak. Serempak semua jari cenut2. Gimana rasanya. Ada yg mau coba?
yeaaayyyy onty @sally.bat juga setujuu nihhh berarti semakin kuat juga nih argumen untuk tidak declaw pada kucing...... thank youuu ontyyy :D:D:D
 
Top