Bolehkah Pisahin Kitten dari Induknya di Usia 4 Minggu?

rincharm

Kitten
Halo, Aku member baru disini
Udah lama daftar tapi baru bisa coret2 sekarang 😬

Btw, dari dulu aku suka banget sama kucing, tetapi belum pernah miara kucing. Ini rencananya aku mau miara kucing untuk pertama kalinya, kebetulan ponakanku punya kucing yang baru saja lahiran. Kucingnya lucu-lucu, bulunya panjang idungnya pesek 😬
Kalau misalnya mau adopsi anak kucing tersebut tetapi usianya masih sekitar 4 minggu, kira-kira boleh gak ya?
Apakah umur segitu sudah boleh dipisah dari induknya gitu?
 

chaedar

Site Owner
Admin
Halo, Aku member baru disini
Udah lama daftar tapi baru bisa coret2 sekarang 😬

Btw, dari dulu aku suka banget sama kucing, tetapi belum pernah miara kucing. Ini rencananya aku mau miara kucing untuk pertama kalinya, kebetulan ponakanku punya kucing yang baru saja lahiran. Kucingnya lucu-lucu, bulunya panjang idungnya pesek 😬
Kalau misalnya mau adopsi anak kucing tersebut tetapi usianya masih sekitar 4 minggu, kira-kira boleh gak ya? Apakah umur segitu sudah boleh dipisah dari induknya gitu?

Hai onty @rincharm,

Waduhhh, sebaiknya jangan dipisah dari induknya dulu Onty... :cry:
Kitten tersebut masih memiliki induk yang sehat kan?

4 minggu masih terlalu dini untuk kitten dipisahkan dari induknya, itu juga masih merupakan masa-masa kitten menyusui.
Saran Saya sih sebaiknya biarkan kitten tersebut bersama induknya terlebih dahulu, biarkan dia menyusui dan "belajar berbagai pengetahuan" dari induknya.
Apalagi kitten kan secara normal baru mulai mengurangi menyusu pada usia sekitar 8 minggu (2 bulanan), baru nanti mulai ke tahap penyapihan. Nanti di usia sekitar 10-12 minggu (3 bulanan) baru benar-benar berhenti menyusui dan mulai makan dry food.

Jadi ya idealnya sih nanti dipisah dari induknya kalau udah usia 12 bulan (3 bulanan), dimana pada masa itu kitten sudah siap untuk menghadapi berbagai hal tanpa induk mereka.

Nah, sambil menunggu usia kittennya siap untuk diadopsi, jgn lupa untuk siapin hal-hal yang dibutuhkan sebelum adopsi kucing tersebut ya?
Onty bisa simak artikel berikut ini. Mudah-mudahan bermanfaat ya Onty... 😉


Catatan :
Ini gak berlaku untuk kitten yang kondisinya tidak memiliki induk (mati, hilang, terpisah, dsb).
Untuk kasus kitten yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa berjalan lebih cepat.
Nanti akan kita bahas di thread lain.
 

chaedar

Site Owner
Admin
Sabar ya Onty @rincharm,
Kan kasian juga kittennya kalau terlalu dini dipisah dari Induknya.
Nanti pasti segera tiba waktunya untuk Onty adopsi kucing, 2 bulan lagi mah cepeeet...
Jangan lupa dikenalin di forum ini empusnya nanti ya Onty... 😬
 

sally.bat

Kitten
Staff member
Kalo bisa sih jangan dulu, apalagi masih ada induknya. Selain masih butuh susu, takutnya di jalan & di tempat baru si kitten kenapa2. Kitten kan rapuh, gampang stress, gampang takut. Kalo ada induknya kan dia aman aja, induknya yg jagain wkwkwk. Tunggu kalo udah lincah, biar lebih siap juga adaptasi ke tmpat baru...
Btw pasti imuttt bgt kucingnya 😻 mudahan sehat2 terus & lancar nanti pas adopsi yaaa..
 
Top