Menenangkan kucing dalam perjalanan

Adakah tips aman untuk membawa kucing selama perjalanan jauh (antar kota)? Saya ada rencana mau pergi ke luar kota dalam waktu lama, dan kepengen bawa kucing saya utk ikut daripada kepikiran kalau dititip.. kira2 lebih aman nya gimana yaa.. ada kah tips khusus?
Terima kasih...
 

chaedar

Site Owner
Admin
Hai Ongkel @pawanghujan,
Wahhh,, kucingnya mau dibawa perjalanan jauh ya..?
Kalau itu tergantung transportasi yang dikendarai Ongkel sih.
Kalau bawa mobil sendiri mungkin lebih gampang, yang penting semua kebutuhan kucing dibawa mulai dari makanan, minuman, pasir, litter box, dll.
Tapi kalau menggunakan transportasi umum mungkin agak susah Ongkel.
Karena kadang tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan di dalam transportasi umum.
 
Dari jakarta mau ke surabaya. Masih bulan depan sih rencana perginya, tapi udah mulai bingung mau pake apa yaa enaknya biar anabul juga nyaman.. kalo naik kereta / pesawat boleh bawa kucing gak yaa..? siapa tau disini ada yg pernah pengalaman pergi jauh bawa anabul... 😅
 

sally.bat

Kitten
Staff member
Kalo saya baca2 di internet sih, naik kereta api penumpang gaboleh bawa hewan apapun itu. Kalo ketahuan, langsung diturunkan di stasiun terdekat.
Sedangkan naik pesawat, beberapa maskapai ada yg memperbolehkan tapi gak boleh masuk kabin, dan kena biaya khusus juga. Syarat2nya juga byk harus urus ke karantina bandara dll. Tapi ada juga yg bisa bawa ke kabin pesawat, tapi posisinya bukan di bagian penumpang, petugasnya yg menempatkan khusus.. coba telpon2 aja maskapainya biar lebih jelas.
Kalo naik bis mungkin bisa tanya2 langsung ke pas cari tiket, biasanya boleh, paling disuruh bayar lebih.. cuma yaa agak ribet sih kalo dijalan rewel / berontak. Gak enak sama penumpang lain..
Lebih baik bawa mobil sndiri aja, ato sewa travel yg udah kenal / langganan.
Ada yg bilang sih, sebelum dibawa perjalanan jauh coba diajak jalan yg agak dekat dulu, kira2 dia berontak apa nggak.. biar gak terlalu kaget pas jalannya jauh..
Opsi lain, bisa cari2 jasa pengiriman pet.. tapi harus teliti sih, krn ada yg bagus dan terpercaya, ada juga yg seadanya. Kasian mpuss nya kalo stress di jalan.
 
Kalo saya baca2 di internet sih, naik kereta api penumpang gaboleh bawa hewan apapun itu. Kalo ketahuan, langsung diturunkan di stasiun terdekat.
Sedangkan naik pesawat, beberapa maskapai ada yg memperbolehkan tapi gak boleh masuk kabin, dan kena biaya khusus juga. Syarat2nya juga byk harus urus ke karantina bandara dll. Tapi ada juga yg bisa bawa ke kabin pesawat, tapi posisinya bukan di bagian penumpang, petugasnya yg menempatkan khusus.. coba telpon2 aja maskapainya biar lebih jelas.
Kalo naik bis mungkin bisa tanya2 langsung ke pas cari tiket, biasanya boleh, paling disuruh bayar lebih.. cuma yaa agak ribet sih kalo dijalan rewel / berontak. Gak enak sama penumpang lain..
Lebih baik bawa mobil sndiri aja, ato sewa travel yg udah kenal / langganan.
Ada yg bilang sih, sebelum dibawa perjalanan jauh coba diajak jalan yg agak dekat dulu, kira2 dia berontak apa nggak.. biar gak terlalu kaget pas jalannya jauh..
Opsi lain, bisa cari2 jasa pengiriman pet.. tapi harus teliti sih, krn ada yg bagus dan terpercaya, ada juga yg seadanya. Kasian mpuss nya kalo stress di jalan.
Ohh oke.. nanti sy coba deh tlp ke maskapai. Kalo kira2 nyaman dan aman, naik pesawat aja deh, gak lama di jalan.
Ohiya makasih tipsnya. Nanti saya coba anabul jalan2 agak jauh, kira2 berontak gak yaa di petcargo beberapa jam. 😅
 

chaedar

Site Owner
Admin
Ohh oke.. nanti sy coba deh tlp ke maskapai. Kalo kira2 nyaman dan aman, naik pesawat aja deh, gak lama di jalan.
Ohiya makasih tipsnya. Nanti saya coba anabul jalan2 agak jauh, kira2 berontak gak yaa di petcargo beberapa jam. 😅
Coba dirumah dibiasakan dulu masuk ke pet cargo Ongkel, buat adaptasi aja.
Mungkin pas dirumah sesekali mangkok makannya ditaruh di dalam pet cargo (pintu cargo gk usah ditutup), biar kucing suka-suka dia mau keluar masuk.
Nah, klau ada makanan di dalamnya kan kucingnya mau berlama-lama di dalam pet cargo sambil makan.
Jadi nanti sewaktu masuk pet cargo pas perjalanan jauh, gak terlalu kaget dia... 😉
 
Top