[Tanya] Kucingku tiba tiba ketakutan sama segala hal

Kucing betina ku kitty berumur 9 bulan tiba tiba takut segala hal, aku jadi khawatir.
Kitty ini kucing yang emang playful banget, ramah banget sama manusia, manja banget ke semua orang bahkan orang yg ga dia kenal, tapi tiba tiba berubah jadi kucing yang kalau mau jalan pelan banget, gampang kagetan, ngacir kemana mana kalau dengar suara yg agak gede sedikit. Ketakutan sama semua benda yg ada didekat dia, dia bakal mandang benda itu tajam bgt sambil bergerak pelan, trus pas aku panggil dia kaget trus lompat dan lari ketakutan.
Jadi ceritanya malam malam dia kabur dari rumah manjat ke plafon rumah. Rumah ku ini ada satu ruangan yang emang lagi direnovasi jadi ada plafon yang belum kepasang jadi bolong gitu, jadi malam malam dia manjat kesitu trus jalan sampai ke plafon tetangga (karna rumah ku ini seperti rumah petak), dia naik dari plafon rumah ku trus jalan sampai plafon tetangga dan disitu dia jatuh dan plafon tetangga sampai jebol (tetangga ku cerita), trus dia dibawain kerumah ku. Sampai dirumah sikap dia berubah total seperti yang aku tulis diatas. Dia gamau makan, dia gamau minum, kalau dia dengar suara dia kaget, kalau digendong lari larian, kalau ditempatkan disatu tempat dia bakal berdiam disitu sampai berjam jam gaa jalan karna dia takut buat melangkah. Aku khawatir dengan perilaku dia yg tiba tiba berubah gini, apa yg harus saya lakukan supaya dia jadi normal lagi?
 

ambar yubi

Young Cat
Maaf bukan maksud menggurui , tp dr yng pernah aku baca dan pelajari . Biasanya perubahan sikap dan sifat gtu memang karena ada faktornya . Entah karena ada cidera di badannya atau karena dia trauma .
Kakak harus extra lg buat jd "orang tua" yng baik buat dia . Lebih sering di pegang, di elus-elus, lebih dekat lg pokoknya . Krn misal dia mendengar suara keras atau terkejut krn sesuatu , dia bisa merasa kalau kakak adalah tempat yng aman . Jd dia tidak mudah ketakutan lg ..

Semoga puss cepat pulih ya kak..
 

Danigirl

Kitten
Kucing betina ku kitty berumur 9 bulan tiba tiba takut segala hal, aku jadi khawatir.
Kitty ini kucing yang emang playful banget, ramah banget sama manusia, manja banget ke semua orang bahkan orang yg ga dia kenal, tapi tiba tiba berubah jadi kucing yang kalau mau jalan pelan banget, gampang kagetan, ngacir kemana mana kalau dengar suara yg agak gede sedikit. Ketakutan sama semua benda yg ada didekat dia, dia bakal mandang benda itu tajam bgt sambil bergerak pelan, trus pas aku panggil dia kaget trus lompat dan lari ketakutan.
Jadi ceritanya malam malam dia kabur dari rumah manjat ke plafon rumah. Rumah ku ini ada satu ruangan yang emang lagi direnovasi jadi ada plafon yang belum kepasang jadi bolong gitu, jadi malam malam dia manjat kesitu trus jalan sampai ke plafon tetangga (karna rumah ku ini seperti rumah petak), dia naik dari plafon rumah ku trus jalan sampai plafon tetangga dan disitu dia jatuh dan plafon tetangga sampai jebol (tetangga ku cerita), trus dia dibawain kerumah ku. Sampai dirumah sikap dia berubah total seperti yang aku tulis diatas. Dia gamau makan, dia gamau minum, kalau dia dengar suara dia kaget, kalau digendong lari larian, kalau ditempatkan disatu tempat dia bakal berdiam disitu sampai berjam jam gaa jalan karna dia takut buat melangkah. Aku khawatir dengan perilaku dia yg tiba tiba berubah gini, apa yg harus saya lakukan supaya dia jadi normal lagi?
Aku bukan ahli ya kak. Tapi kelihatannya antara memang kucingnya trauma, atau memang ada kondisi kesehatan sehubungan dengan jatuh waktu itu.

Yang paling mudah didiagnosa sebenarnya kondisi kesehatan (fisik). Tapi ini threadnya sudah berbulan2 ke belakang sih. Aku harap sudah membaik ya kondisi kucingnya.

Kalau memang masih perlu, mungkin baiknya dibawa ke dokter dan dijelaskan kronologi kejadian dan perubahan sifat yang terjadi setelahnya. Dari situ dokter hewan akan coba diagnosis dengan cek kondisi fisik kucingnya. Dari cerita kakak, dokter hewan akan dapat gambaran juga mesti cek kondisi bagian mananya. Awalnya dari sini. Mungkin ada pengobatan tertentu yang dibutuhkan. Karena sakit fisik sangat mungkin mengakibatkan stres/ kondisi mental yang jadi lebih gampang takut/ kaget. Kalau sakit fisiknya terobati, bisa jadi kondisi kagetannya sedikit demi sedikit berkurang. Karena ketika kucing sedang sakit, mereka akan cenderung memilih sembunyi. Ini berhubungan dengan sifat alami kucing di alam dimana mereka melindungi dirinya sendiri dari pemangsa/predator. Hal-hal di sekeliling dia bisa dianggap membahayakan dirinya. Dari sudut pandang manusia terlihatnya berlebihan, tapi itu naluri kucing.

Balik lagi, kalau ke cerita awal, gak mau makan dan gak mau minum itu kondisi yang mengharuskan segera dibawa ke dokter hewan, sejauh yang aku dapat dari baca-baca dan nonton video dari dokter hewan.

Buat penyebab yang kedua, mungkin lebih butuh sabar buat menghadapinya kak. Mungkin sedikit bagus juga kucingnya agak kagetan, dalam artian, dia jadi lebih hati-hati buat eksplorasi. Karena kucing baru akan percaya ketika mereka memang yakin bahwa mereka aman. Jadi mungkin itu masih dalam batas was-was/ upaya dia untuk lebih protektif sendiri ke depannya.

Banyak-banyak ditemenin aja kak. Ketika kucingnya udah siap, dengan sendirinya / perlahan-lahan dia akan ngerasa nyaman lagi. Atau kalau ada hal yang bener-bener gak nyaman untuk dia lakukan (misal, dia jadi gak mau manjat-manjat lagi), selama itu gak mengganggu kesehatan dia, mungkin kalau itu kondisi yang bisa diterima, mungkin gakpapa. Seperti manusia, mungkin perubahan tertentu di kucing kita bisa kita terima apa adanya.

Maaf jawabannya telat banget ya karena aku juga baru gabung.

Mudah-mudahan bisa sedikit berguna buat pemilik kucing yang lain.
 
Top