Ternyata Kucing Tidur Bisa Mimpi Lho!!

1581187922438.png


Bagi manusia, mimpi terjadi selama keadaan tidur REM, biasanya dimulai 90 menit setelah Anda mengantuk. Selama waktu ini, sinyal dikirim ke otak Anda yang penting untuk belajar dan memori, tetapi beberapa dari sinyal ini adalah acak, dan ini adalah sinyal yang bertanggung jawab untuk mimpi. Ketika otak Anda mencoba untuk menafsirkan sinyal-sinyal ini dan menyatukannya, itu menghasilkan otak Anda menciptakan semacam cerita, dengan kata lain, itu menciptakan mimpi.

Apakah kucing bermimpi?
Ya, dipercaya kucing bisa bermimpi. Menurut Michel Jouvet pada 1960-an, kucing juga mengalami tidur REM sehingga sangat mungkin mereka memasuki alam mimpi dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan.

Michel Jouvet in the 1960s membuktikan bahwa kucing memiliki voltase rendah yang sama dengan aktivitas di otak, cenderung mengejang mata mereka dan memiliki keadaan otot yang rileks, yang semuanya merupakan karakteristik yang terkait dengan tidur REM pada manusia. Di mana ini tidak sepenuhnya menjawab pertanyaan tentang mimpi kucing, bukti dengan jelasnya menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di otak mereka selama tidur.

Yang menarik, jumlah tidur REM yang dialami kucing akan berkurang seiring bertambahnya usia, oleh karena itu diasumsikan bahwa anak kucing lebih cenderung bermimpi daripada kucing dewasa. Ini juga bisa disebabkan oleh fakta bahwa anak kucing memiliki lebih banyak hal untuk dipelajari tentang dunia di sekitar mereka, oleh karena itu mereka memiliki sejumlah besar informasi untuk diproses dan lebih banyak sinyal akan dikirim ke otak.

1581187882279.png


Apa yang diimpikan kucing?
Menurut ahli saraf hewan, Adrian Morrison, ketika kucing mengalami tidur REM, mereka cenderung menggerakkan kepala seolah-olah mereka mengikuti atau menonton sesuatu. Jadi, kemungkinan ketika kucing meringkuk tertidur, mereka mungkin bermimpi tentang hobi favorit mereka seperti berburu,

Penelitian di AS juga menyatakan bahwa kucing dapat bermimpi tentang hal-hal yang telah terjadi hari itu atau di masa lalu atau di masa lalu, mirip dengan cara anjing bermimpi. Kucing mungkin bermimpi tentang meringkuk bersamamu di sofa, berburu burung atau tikus atau bermimpi tentang insiden yang terjadi dengan kucing atau anjing lain.

Apakah kucing punya mimpi buruk?
Menurut T.J. Bank, kucing mungkin dapat mengalami mimpi buruk. Banks menulis bahwa kadang-kadang kucing penyelamatnya tersentak bangun dari tidur nyenyak dengan mata lebar dan tampak ketakutan. Selain itu, ada insiden lain di mana kucing telah melalui peristiwa traumatis dan akan membuat suara tertekan saat tidur dan tiba-tiba akan bangun dan menampilkan tanda-tanda kesulitan yang nyata.

Siklus tidur kucing
Kucing akan mengalami dua siklus tidur, tidur REM dan tidur nyenyak.

1. Tidur REM
Fase REM adalah saat kucing cenderung bermimpi. Mereka akan menampilkan perilaku tertentu seperti mencicit dan berkedut mata, telinga dan bahkan mungkin ekor. Terlepas dari semua kedutan ini, mereka juga akan mengalami kehilangan otot, yang dikenal sebagai atonia.

2. Tidur nyenyak
Tidur nyenyak terjadi selama sisa waktu kucing tidur. Ini adalah tahap penting karena bertanggung jawab untuk membangun kembali dan memperbaiki tubuh.

Penting bahwa ketika kucing tidur, tidak membangunkannya, Anda harus membiarkannya beristirahat sebanyak mungkin. Biasanya merupakan ide yang baik untuk memberi mereka ruang yang nyaman dan terpencil sehingga mereka merasa cukup aman untuk memasuki fase tidur nyenyak.

1581188060296.png


Mengapa kucing berkedut saat tidur?
Terkadang saat kucing tidur, Anda mungkin melihat mereka berkedut, meregang, mendengkur, atau bahkan membuat suara mencicit yang tidak biasa. Biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semuanya terkait dengan tidur REM. Ketika kucing berkedut dalam tidurnya, itu umumnya hanya karena sinyal yang dikirim ke otak mereka selama fase 'bermimpi'.

Btw, Beberapa orang khawatir bahwa ini adalah semacam kejang, tetapi ini sangat tidak mungkin terjadi selama tidur, dan umumnya akan ada tanda-tanda tambahan, seperti seluruh tubuh mereka kaku, lesu, kehilangan nafsu makan atau muntah. Jika kucing juga mengalami gejala-gejala ini, penting untuk membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin yaaa...

Ngomongin kucing tidur, sekarang saya jadi ngantuk, udah dulu yaaa.. :D
 

chaedar

Site Owner
Admin
View attachment 52

Bagi manusia, mimpi terjadi selama keadaan tidur REM, biasanya dimulai 90 menit setelah Anda mengantuk. Selama waktu ini, sinyal dikirim ke otak Anda yang penting untuk belajar dan memori, tetapi beberapa dari sinyal ini adalah acak, dan ini adalah sinyal yang bertanggung jawab untuk mimpi. Ketika otak Anda mencoba untuk menafsirkan sinyal-sinyal ini dan menyatukannya, itu menghasilkan otak Anda menciptakan semacam cerita, dengan kata lain, itu menciptakan mimpi.

Apakah kucing bermimpi?
Ya, dipercaya kucing bisa bermimpi. Menurut Michel Jouvet pada 1960-an, kucing juga mengalami tidur REM sehingga sangat mungkin mereka memasuki alam mimpi dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan.

Michel Jouvet in the 1960s membuktikan bahwa kucing memiliki voltase rendah yang sama dengan aktivitas di otak, cenderung mengejang mata mereka dan memiliki keadaan otot yang rileks, yang semuanya merupakan karakteristik yang terkait dengan tidur REM pada manusia. Di mana ini tidak sepenuhnya menjawab pertanyaan tentang mimpi kucing, bukti dengan jelasnya menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di otak mereka selama tidur.

Yang menarik, jumlah tidur REM yang dialami kucing akan berkurang seiring bertambahnya usia, oleh karena itu diasumsikan bahwa anak kucing lebih cenderung bermimpi daripada kucing dewasa. Ini juga bisa disebabkan oleh fakta bahwa anak kucing memiliki lebih banyak hal untuk dipelajari tentang dunia di sekitar mereka, oleh karena itu mereka memiliki sejumlah besar informasi untuk diproses dan lebih banyak sinyal akan dikirim ke otak.

View attachment 51

Apa yang diimpikan kucing?
Menurut ahli saraf hewan, Adrian Morrison, ketika kucing mengalami tidur REM, mereka cenderung menggerakkan kepala seolah-olah mereka mengikuti atau menonton sesuatu. Jadi, kemungkinan ketika kucing meringkuk tertidur, mereka mungkin bermimpi tentang hobi favorit mereka seperti berburu,

Penelitian di AS juga menyatakan bahwa kucing dapat bermimpi tentang hal-hal yang telah terjadi hari itu atau di masa lalu atau di masa lalu, mirip dengan cara anjing bermimpi. Kucing mungkin bermimpi tentang meringkuk bersamamu di sofa, berburu burung atau tikus atau bermimpi tentang insiden yang terjadi dengan kucing atau anjing lain.

Apakah kucing punya mimpi buruk?
Menurut T.J. Bank, kucing mungkin dapat mengalami mimpi buruk. Banks menulis bahwa kadang-kadang kucing penyelamatnya tersentak bangun dari tidur nyenyak dengan mata lebar dan tampak ketakutan. Selain itu, ada insiden lain di mana kucing telah melalui peristiwa traumatis dan akan membuat suara tertekan saat tidur dan tiba-tiba akan bangun dan menampilkan tanda-tanda kesulitan yang nyata.

Siklus tidur kucing
Kucing akan mengalami dua siklus tidur, tidur REM dan tidur nyenyak.

1. Tidur REM
Fase REM adalah saat kucing cenderung bermimpi. Mereka akan menampilkan perilaku tertentu seperti mencicit dan berkedut mata, telinga dan bahkan mungkin ekor. Terlepas dari semua kedutan ini, mereka juga akan mengalami kehilangan otot, yang dikenal sebagai atonia.

2. Tidur nyenyak
Tidur nyenyak terjadi selama sisa waktu kucing tidur. Ini adalah tahap penting karena bertanggung jawab untuk membangun kembali dan memperbaiki tubuh.

Penting bahwa ketika kucing tidur, tidak membangunkannya, Anda harus membiarkannya beristirahat sebanyak mungkin. Biasanya merupakan ide yang baik untuk memberi mereka ruang yang nyaman dan terpencil sehingga mereka merasa cukup aman untuk memasuki fase tidur nyenyak.

View attachment 53

Mengapa kucing berkedut saat tidur?
Terkadang saat kucing tidur, Anda mungkin melihat mereka berkedut, meregang, mendengkur, atau bahkan membuat suara mencicit yang tidak biasa. Biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semuanya terkait dengan tidur REM. Ketika kucing berkedut dalam tidurnya, itu umumnya hanya karena sinyal yang dikirim ke otak mereka selama fase 'bermimpi'.

Btw, Beberapa orang khawatir bahwa ini adalah semacam kejang, tetapi ini sangat tidak mungkin terjadi selama tidur, dan umumnya akan ada tanda-tanda tambahan, seperti seluruh tubuh mereka kaku, lesu, kehilangan nafsu makan atau muntah. Jika kucing juga mengalami gejala-gejala ini, penting untuk membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin yaaa...

Ngomongin kucing tidur, sekarang saya jadi ngantuk, udah dulu yaaa.. :D
Nice sharing Ongkel @Syahrizalikhsan,,, 😻
Baru tau nih klau ternyata kucing bisa bermimpi.
Mmmm.... kira2 tuh empus sesekali mimpiin Ownernya gak ya....? haha... 😂
Jadi kepo pengen tau apa yang diimpikan kucingku.... 😬
 

sally.bat

Kitten
Staff member
Aq jarang sih liat tanda2 william mimpi 🤔 soalnya dia kalo tidur gitu kayak masih siaga, pura2 tidur kali yak. Matanya merem, ekornya gerak2 santai, kupingnya respon gerak tipis2 kalo denger suara.. trus kalo tiba2 dengar suara "kecrek2" toples df nya, auto bangun 🤣🤣🤣🤣
 
Top